Tuesday, January 2, 2018

Tinea cruris. Apaan tuh?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua


Kali ini ibnu akan memberikan sedikit pembahasan mengenai penyakit gatal yang berada di sekitar selangkangan. mari kita simak pembahasan berikut ini.

Ruam kemerahan sedikit bersisik di area selangkangan memang sangat mengganggu ruam merah di sekitar selangkangan disertai gatal hebat itu merupakan tinea cruris yaitu jamur yang menyerang selangkangan.

Tinea cruris memiliki gejala yang diawali dengan kulit berwarna merah berbentuk setengah lingkaran yang menyebar dari lipatan pangkal paha hingga paha bagian atas

Penyebabnya?
Tinea cruris disebabkan oleh jamur yang bisa menyebar dari pemakaian handuk atau pakaian yang terkontaminasi atau melalui kontak langsung dengan penderita. Selain itu, tinea cruris juga sering disebabkan oleh fungi penyebab tinea pedis atau kutu air, karena infeksi bisa menyebar dari kaki ke pangkal paha.

Jamur paling mudah tumbuh di bagian tubuh yang hangat dan lembap, seperti paha bagian dalam, bokong, dan pangkal paha, serta di lingkungan yang lembap di antara handuk yang kotor, lantai yang basah, dan pakaian penuh keringat.

Penanganannya?
Anda dapat mengatasi tinea cruris dengan obat-obatan yang dijual bebas, seperti bedak, salep, obat semprot, atau losion anti-jamur, agar ruam bisa segera hilang. Namun untuk mencegah tinea cruris muncul kembali, terus lakukan pengobatan dua kali sehari setidaknya selama kurun waktu sepuluh hari.

Jika pengobatan yang dilakukan dengan obat-obatan bebas tidak bisa mengatasinya atau tinea cruris yang diderita sudah parah, segera temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan obat resep. Obat-obatan resep meliputi salep atau krim anti-jamur yang lebih kuat, atau bahkan Anda dapat diberikan pil antijamur untuk dikonsumsi.

Source alodokter.com

 

No comments:

Post a Comment