Sunday, November 12, 2017

mengapa teknik informatika?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu ingin bercerita mengenai pengalaman saya kenapa memilih kuliah jurusan informatika. mari kita simak cerita berikut ini.



ini majalah chip
dimulai dari masih duduk di bangku SMP kelas 7 saya suka membeli dan membaca tabloid pulsa, waktu itu karena ingin membeli sebuah handphone yang bisa whatsapp-an, memiliki kamera, dan bisa internetan. karena itulah suka membaca tabloid pulsa dimulai. dipilih lah handphone Nokia C5-03 dimana merupakan keluaran terakhir dari seri C5. 
persis handphone yang saya miliki Tahun ke tahun semakin sering dan tidak ketinggalan untuk membeli tabloid pulsa dan membacanya. karena selain info handphone terdapat sejumlah tulisan mengenai teknologi software masa kini yang terus berkembang. Sejak saat inilah semakin tertarik dengan dunia teknologi. kemudian dapat lah ilham untuk mengeskplor lebih jauh mengenai pendidikan tinggi yang mengarah ke teknologi. maka terpilih lah jurusan teknik informatika. semakin tahu mengenai informatika, saya beralih ke majalah chip. majalah chip ini lebih spesifik ke arah teknologi tidak hanya smartphone.

memasuki masa SMA keinginan untuk memasuki dunia perkuliahan malah semakin dilemma, karena banyaknya pendapat yang masuk ke saya mengenai arah tujuan yang saya inginkan. mulai dari jurusan sistem informasi, teknik komputer, dan teknik informatika. maka dari itu saya memutuskan untuk berkonsultasi langsung dengan guru BK mengenai jurusan yang saya inginkan agar kedepannya semakin mantap untuk memilih kemana saya akan melanjutkan pendidikan. intinya sih saya ingin mempelajari software mau itu membuat atau mengembangkan, tidak terlalu tertarik dengan hardware. dari kasus tersebut dapat diambil kesimpulan kalau saya ini kerjanya ingin ngoding sebuah program, atau biasa yang disebut programmer. setelah saya searching sana sini, semakin mantap lah jurusan yang saya inginkan yaitu teknik informatika. dari situ saya memilih ITB sebagai tujuan utama saya untuk melanjutkan pendidikan. tetapi Allah berkehendak lain, dengan memberikan saya jalan pendidikan ke Gunadarma.

memasuki dunia perkuliahan ternyata teman teman saya sudah lebih jauh mengenai hal yang namanya ngoding. disitu saya merasa minder. dimana saya hanya tau nama nama bahasa pemrograman sedangkan teman teman sudah ada yang bisa hacking dan membuat sebuah aplikasi android. saingan semakin banyak untuk membuat suatu gebrakan baru dalam dunia teknologi. saya merasa bingung harus mulai darimana untuk membuat sebuah gebrakan itu. ternyata teknik informatika tidak segampang yang di ekspektasikan. jauh dari ekspektasi. ternyata teknik informatika di Gunadarma mempelajari seluruh komponen teknologi dimana mempelajari hardware dan software itu seimbang. tetapi hal itu tidak membuat saya menjadi down untuk belajar. saya semakin kepo mengenai komputer. dengan menjalani kegiatan perkuliahan dengan baik tanpa kendala semua bisa berjalan lancar.

tujuan saya memilih teknik informatika ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana sebuah software itu dibuat dan dikembangkan menjadi perantara antara pengguna dan komputer yang lebih mudah dan efisien untuk digunakan. keinginan saya untuk menekuni karir ke depan yaitu ingin bergabung dengan microsoft sebagai bagian dari software development dan berkontribusi untuk negeri tercinta Indonesia. aamiin yaa robbal alaamiin. 

contoh rubrik pada tabloid pulsa



No comments:

Post a Comment