Saturday, November 4, 2017

Autodesk Maya yang meraih oscar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan membahas mengenai aplikasi digital cinema berbasis desktop yang ke-2 yaitu, Autodesk Maya. Apa sih itu Autodesk maya? Se-keren apa sih Autodesk Maya itu? Mari kita simak pembahasan berikut ini.




Dibuat pertama kali oleh Alias systems corporation kemudian dikembangkan dan diambil alih oleh Autodesk pada tahun 2006. Dirilis secara umum ke publik pada tanggal 6 Oktober 2008, kemudian mengadakan pembaharuan versi pada tahun 2009. Dapat berjalan di semua sistem operasi mulai dari windows, Mac OS, dan Linux. Sangat mudah dan sering digunakan dalam hal pembuatan animasi, model karakter, dan spesial efek dalam pembuatan film. 


Sudah banyak digunakan oleh pengembang film ternama yaitu Hollywood terutama di film mereka yang berjudul finding Nemo Dan Lord of The Ring. Autodesk Maya ini juga sudah digunakan oleh negara tetangga kita Malaysia untuk sebuah kartun animasi mereka yaitu Upin dan Ipin. 

Bagi anda yang ingin mencoba mempelajari membuat sebuah animasi menggunakan Autodesk Maya ini berikut saya berikan link downloadnya

https://www.autodesk.com/products/maya/free-trial

Sayangnya Autodesk Maya ini tergolong mahal untuk mendapatkannya, jadi link yang saya berikan tersebut masih dalam free trial. 

Berikut spesifikasi yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi Autodesk Maya:
Software:
- windows 10
- Windows 8.1 professional
- windows 7
Hardware: 
- Processor: 64-bit Intel® or AMD® multi-core processor
- RAM: 8GB

- HDD: storage 4 GB
Kelebihan:
- kemampuan yang lebih dalam hal pembuatan 3D custom
- menyediakan pengaturan pencahayaan dan tekstur demi terealisasikannya tokoh secara real
Kekurangan:
- tidak memiliki fitur BI-PED, sehingga ketika ingin membuat sebuah karakter diperlukan waktu lama untuk membuat kerangka tulang dasar
- tampilan interface yang masih asing dan rumit untuk pemula


No comments:

Post a Comment