Sunday, November 5, 2017

Lahirnya Nintendo

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan membahas mengenai Nintendo. Tau gak sih Nintendo itu perkembangannya seperti apa? Mari kita simak pembahasan berikut ini.


Nintendo, merupakan Perusahaan multinasional dari Kyoto Jepang yang berdiri pada 23 September 1889. Memiliki saingan utama yaitu Sony dan Microsoft dalam bidang permainan. Tahun 2001, perusahaan yang bergerak di gyro dan sensor gerak yaitu gyration Inc., Dibeli sebagian sahamnya oleh Nintendo. 

Nintendo generasi pertama dimulai oleh munculnya Nintendo entertainment system pada tahun 1985. Dengan game andalannya mario bros, NES menjadi konsol game yang paling diminati dan disebutkan sebagai penghidup kembali industri video game yang sempat runtuh pada tahun 1983. 


Game boy merupakan konsol kedua yang diluncurkan oleh Nintendo pada tahun 1989 yang awalnya digabung dengan permainan puzzle tetris.


Selanjutnya ada super NES. Dimana super NES ini mempunyai nama yang berbeda. Seperti di Jepang dikenal dengan sebutan super famicom, di Korea Selatan dikenal dengan super comboy. Dirilis tahun 1991.


Konsol game generasi keempat yang dirilis tahun 1996 yaitu Nintendo 64. Merupakan konsol game pertama yang memiliki fungsi anti aliasing dengan filter bilineal secara real time. Pengembangannya telah berhenti sejak tahun 2001.


Layar berwarna menjadi andalan dan favorit pencinta game konsol Nintendo game boy color yang dirilis di Jepang pada 21 Oktober 1998. Dimana ukurannya lebih tebal dari game boy asli dan lebih panjang dari game boy pocket.


Game boy advance atau GBA menjadi game konsol generasi ke-6 dimana game boy advance ini menjadi penerus game boy color yang populer. Diluncurkan pada 21 Maret 2001 di Jepang.


Game cube menjadi game konsol generasi ke tujuh yang diluncurkan pada 14 September 2001 di Jepang. Bersaing sehat dengan PlayStation 2 dan Microsoft Xbox.


Selanjutnya Nintendo meluncurkan sebuah game boy advance sp dimana sp itu sendiri merupakan singkatan dari spesial yang diluncurkan pada Februari 2003. 


Setelah game boy advance sp diluncurkan tidak lama Nintendo DS pun hadir menjadi penerus game konsol Nintendo. Hadir dengan 2 layar atas dan bawah, dimana layar bawah sebagai layar sentuh, sesuai dengan namanya Nintendo DS yang berarti dual screen dan ada yang menyebutnya developer system'. Sudah mendukung fitur WiFi dan mikrofon. Terjadi pengulangan desain menjadi lebih tipis dan ringan dengan warna layar lebih cerah yaitu Nintendo DS lite pada 11 Juni 2006.


Nintendo Wii sebagai penerus dari game cube dengan ciri khasnya yaitu kontroller yang merespon terhadap letaknya dalam ruang fisik tiga dimensi di depan televisi. Diperkenalkan pada Desember 2006 di Jepang.


Dirilis di Jepang pada 26 Februari 2011, Nintendo 3DS hadir melengkapi Nintendo DS lite dengan hadirnya perangkat autostreoscopic yang menghasilkan efek 3D tanpa memerlukan aksesoris tambahan.


Nintendo wiiU sebagai penerus dari Nintendo Wii yang dirilis pada tahun 2012. Memiliki kontroler yang memungkin pemainnya untuk melanjutkan sesi game walaupun televisi dalam keadaan mati.

No comments:

Post a Comment