Saturday, December 16, 2017

Ternyata nama Wi-Fi salah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan sedikit pembahasan mengenai Wi-Fi. mari kita simak ulasan berikut ini.
Jika kamu berpikir kalau suku kata "Wi" itu berasal dari kata Wireless, ya kamu benar. Terus, apa singkatan dari "Fi"? Mungkin sebagian dari kamu akan menjawab kalau Fi itu adalah Fidelity. Jadi, WiFi punya arti Wireless Fidelity kan? Jawaban ini adalah salah besar!

Secara resmi, sebelum lahir nama WiFi ialah menggunakan sebutan IEEE 802.11. Tentu saja, untuk menciptakan brand awareness, sebutan IEEE 802.11 itu sangatlah sulit diingat. Sedangkan, cara mengucapkannya pun kurang enak.

Nah, maka dari itu terjadilah pergeseran nama yang disebut dengan Wireless Fidelity. Tapi, kenapa bisa sejauh itu nama IEEE 802.11 diubah menjadi wireless fidelity?

Seperti yang sudah dibahas tadi, nama IEEE 802.11 itu merupakan sebutan yang kurang asyik dan tidak mudah diingat tentunya. Nah, Wireless Ethernet Compatibility Alliance memikirkan sebuah nama yang simple dan mudah diingat, yang tentunya lebih catchy.

Akhirnya, muncullah nama Wi-Fi atau WiFi. Lalu, apa korelasinya dengan Wireless Ethernet Compatibility Alliance atau IEEE 802.11 sekalipun? Tentu saja tidak ada. Maka dari itu, pihak Wireless Ethernet Compatibility Alliance takut kalau punya sebuah nama tapi tidak ada maknanya.

Maka dari itu, mereka sepakat untuk membuat sebuah tagline, "The Standard for Wireless Fidelity", yang akhirnya pada tahun 2000 itu membuat banyak orang bingung. Akhirnya, setelah nama Wi-Fi sukses dari segi bisnis dan marketing, baru deh tagline tersebut diberhentikan.

Jadi, sekarang nama Wireless Ethernet Compatibility Alliance disingkat menjadi Wi-Fi Alliance karena asal-usul yang seperti di atas itu. Terus, apa arti dari Wireless Fidelity? Jawabannya, tidak ada. Hanya sebuah usaha untuk membuat kata Wi dan Fi menjadi nyambung. (Source : JalanTikus)

No comments:

Post a Comment