Saturday, December 30, 2017

Algoritma Dijkstra. Apaan tuh?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan sedikit pemahaman mengenai algoritma dijkstra. mari kita simak pembahasan berikut ini. 

untuk menemukan pencarian rute terpendek, sudah banyak algoritma yang bisa digunakan, dan tidak bisa di pungkiri Dijkstra masih menjadi salah satu yang populer dari sekian banyak algoritma tersebut. tak bisa di pungkiri, dalam industri dan pasar saat ini, "wasting time" menjadi salah satu problematika yang sering dihadapi. dengan rute terpendek diharapkan menciptakan efisiensi terhadap waktu yang digunakan. 

algoritma ini ditemukan oleh Edsger W. Dikstra dan dipublikasi pada tahun 1959 pada sebuah jurnal Numerische Mathematik yang berjudul "A Note on Two problems in Cornexion with Graphs". algoritma ini sering digambarkan sebagai algoritma greedy (tamak). sebagai contoh, ada pada buku Algorithmics (Brassard and Bratley [1988, pp.87-92]). 

note : 
bahkan menurut Andrew Goldberg, peneliti utama di Microsoft Research Silicon Valley, mengatakan ada banyak alasan mengapa peneliti terus mempelajari masalah pencarian jalan terpendek.
"jalan terpendek adalah masalah optimasi yang relevan untuk berbagai macam aplikasi, seperti jaringan routing, game, desain sirkuit, dan pemetaan" - Goldberg.

daftar pustaka:

No comments:

Post a Comment