Sunday, December 31, 2017

Kenapa Hello World sih?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan sedikit pemahaman mengenai hello world yang sering dipakai sebagai contoh sederhana dari penggunaan bahasa pemrograman. mari kita simak pembahasan berikut ini. 



Orang yang pertama kali menulis program Hello World adalah Brian Kernighan. Ketika itu, beliau menulis dokumentasi untuk bahasa pemrograman BCPL (Basic Combined Programming Language) dan memberikan contoh program Hello World. Berikut ini cuplikan kode program Hello World pertama dalam bahasa pemrograman BCPL.

Setelah bahasa pemrograman C dirilis, bahasa pemrograman BCPL selanjutnya dikenal dengan bahasa B. Kadang dibuat menjadi bahan lelucon dengan merubah kepanjangan BCPL menjadi “Before C Programming Language” (Bahasa Pemrograman Sebelum C).

Brian Kernighan juga menulis dokumentasi untuk bahasa pemrograman C dan diterbitkan dengan judul “Programming in C: A Tutorial”. Dalam dokumentasi tersebut, beliau menuliskan contoh program Hello World Juga.

Kapan Program Hello World Pertama Kali Diperkenalkan?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, program Hello Worldpertama kali  diperkenalkan pada dokumentasi/tutorial bahasa pemrograman B. Dokumentasi tersebut terbit pada tahun 1972. Jadi, program Hello World pertama kali muncul di dunia pada tahun 1972.

Artikel: petani kode



No comments:

Post a Comment