Sunday, December 17, 2017

Bagi penggemar AJAX baca nih!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan pembahasan mengenai AJAX. apa sih itu AJAX? mari kita simak ulasan berikut ini.


AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Merupakan metode suatu laman web menggunakan JavaScript untuk mengirim dan menerima data dari server tanpa harus menyegarkan (refresh) laman itu. XML adalah sejenis markup language seperti HTML, yang kerap dipakai untuk mengirimkan data melalui internet. belakangan ini, JSON (JavaScript Object Notation) lebih populer dan bisa dibaca secara bawaan (native) oleh JavaScript. Pada dasarnya ajax menggunakan XMLHttpRequest object Javascript untuk membuat request ke server secara asynchronous atau tanpa melakukan refresh halaman website. 

Bagian Asynchronous merujuk pada fakta bahwa ketika JavaScript menyampaikan panggilan AJAX ke webserver, ia terus berjalan sampai memperoleh respon, ia tidak memblokir dan berhenti saat data sedang diproses oleh server. 

facebook, gmail, dan pinterest adalah beberapa situs besar yang menggunakan teknologi ini. AJAX dapat digunakan untuk melakukan banyak hal, seperti loading halaman HTML tanpa refresh halaman web, validasi form, autocomplete field. 

Cara kerja?
- client memanggil laman dari server.
- server merespon panggilan dan mengirimkan laman.
- client membuat perintah AJAX ke server dan memanggil lebih banyak data.
- server mengirimkan data tersebut.
- client memutakhirkan laman dengan data tersebut tanpa me-refresh laman.

Requirment?
AJAX dibangun dengan javascript maka untuk dapat memahaminya dengan baik, sebaiknya memiliki dasar javascript. selain itu juga perlu memiliki dasar-dasar pemrograman PHP.

Yang dibutuhkan agar ajax dapat berjalan adalah javascript harus di enable pada browser yang digunakan. Walaupun javascript merupakan dasar dari Ajax, dimana javascript sangat susah pada implementasi dan maintenance, tetapi Ajax memiliki struktur pemrograman yang lebih mudah untuk dipahami. Anda tinggal membuat object XMLHttpRequest dan memastikan object tersebut terbentuk dengan benar. Kemudian menentukan kemana hasilnya akan ditampilkan atau dikirim.



No comments:

Post a Comment