Saturday, October 14, 2017

hal yang harus diperhatikan dalam bermedia sosial

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
salam sejahtera bagi kita semua

kali ini ibnu akan membahas mengenai etika menggunakan media sosial mari kita simak pembahasan berikut ini.



Media sosial merupakan suatu sarana informasi yang bertujuan untuk bersosialisasi antar sesama manusia tanpa dibatasi ruang dan waktu dengan menyampaikan informasi-informasi yang bermanfaat kepada pembaca untuk diketahui apa makna yang terdapat dalam informasi tersebut dengan koneksi internet. beberapa contoh media sosial yang populer, antara lain: facebook, whatsapp, twitter, instagram, snapchat, blogger, wikipedia, dan lain-lain.

Di dalam media sosial patut disadari bahwa beretika di media sosial sangatlah penting untuk menjaga kesopanan dan kearifan dalam bersosialisasi. ketidakhadiran etika dalam menggunakan media sosial bisa menyebabkan permasalahan yang tak kunjung damai dan dapat tersebar secara cepat melalui media sosial itu sendiri maupun media sosial lainnya.

Pemerintah telah membuat suatu peraturan yang tercantum dalam Undang-Undang No.11 tentang informasi dan transaksi elektronik. walau begitu, masih saja ada konflik yang timbul dan menyebar dengan cepat, munculnya berita berita hoax, munculnya haters, pencemaran nama baik dan segala macam bentuk negatif dalam bermedia sosial. Sanksi hukum terbuka lebar bagi siapa saja yang melanggar.

Dengan hadirnya media sosial yang melimpah tidak hanya kerugian yang didapatkan, ada pula keuntungan. dapat digunakan sebagai tempat berinovasi yang mudah, menjalin kerjasama dan hubungan komunikasi yang baik antar negara internasional. dengan begitu, kita sebagai pengguna tetap harus bijak dalam menggunakannya agar dapat menghormati satu sama lainnya, karena semakin banyak jumlah pengguna internet dan media sosial semakin banyak pula yang mengetahui identitas diri kita sebagai pengguna, dengan begitu kita juga harus bisa menjaga informasi privasi diri agar tidak disalahgunakan.

No comments:

Post a Comment