Saturday, October 14, 2017

CGI yang hebat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
salam sejahtera bagi kita semua

kali ini ibnu akan membahas suatu teknologi di dunia perfilm-an yaitu teknologi CGI. apa sih itu CGI? bagaimana awal mulanya? mari kita simak pembahasan berikut ini.

Computer Generated Imagery atau penggunaan
grafik komputer adalah grafik komputer dalam bentuk 3 dimensi dalam efek yang luar biasa. umumnya dipakai pada video game untuk membuat suatu karakter. dengan teknologi seperti ini dapat menciptakan konten tanpa menggunakan aktor asli.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1973 pada film westworld hasil karya michael crichton yang masih menggunakan teknologi 2 dimensi. pada tahun 1976 sekuel dari film westworld mengawali teknologi CGI 3 dimensi yaitu futureworld yang meng-animasikan wajah dan tangan. pada tahun 1993 film jurassic park berhasil membuat suatu gebrakan yang fantastis dalam hal teknologi CGI dalam bentuk 3 dimensi, adapun software yang dapat digunakan ialah open source blender, lightwave 3D, 3D max, maya, softimage autodesk, dan  software untuk 2 dimensi adalah adobe photoshop, coreldraw, adobe illustrator GNU image manipulation program. Awal tahun 2000 pertama kali CGI dibuat dengan realistis untuk animasi komputer 3 dimensi. Pada film kartun atau animasi CGI jarang digunakan karena masih memakai cara mendesain atau menggambar terlebih dahulu dengan cara manual. namun, sudah banyak juga yang telah memakai teknologi CGI ini karena dinilai lebih cepat dalam proses pembuatannya meskipun membutuhkan biaya yang sangat mahal. 


penggunaan CGI dalam
film iron man


film pertama yang
menggunakan CGI

No comments:

Post a Comment