Saturday, October 14, 2017

cerita singkat digital cinema

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
salam sejahtera bagi kita semua

kali ini ibnu akan membahas suatu teknologi di dunia perfilm-an yaitu teknologi digital cinema. apa sih itu digital cinema? bagaimana awal mulanya? mari kita simak pembahasan berikut ini.

Pada abad ke-19 sebuah fotografi melalui
media yang menggunakan pita seluloid untuk menangkap dan merekam gambar telah berkembang pada dunia perfilm-an kata George Lucas yang merupakan seorang sutradar film. lalu ditemukanlah pengganti pita seluloid untuk menampilkan cara penggarapan baru dunia film yaitu sinema digital pada akhir abad ke-19 sampai akhir abad ke-20 yang merupakan semua konsep atau sebuah sistem yang lengkap dimana seluruh rantai produksi film berhubungan dengan kamera digital.

proses pembuatan film yang masih tradisional menggunakan kurang lebih 35mm atau 70mm film kamera dengan pita seluloid. dimana kamera tersebut memiliki kualitas gambar yang lebih rendah bila dibandingkan dengan proses pembuatan film yang menggunakan teknologi digital. digital film dimulai pada akhir tahun 1980-an, ketika Sony menggunakan konsep sinematografi elektronik. Pada pertengahan tahun 1990-an Sony DCR-VX1000 MiniDV
menjanjikan kualitas gambar yang cukup baik untuk film yang biayanya rendah secara digital. Pada akhir tahun 1990-an diperkenalkan HDCAM dengan mengganti proses sinematografi digital untuk membuat film menggunakan kamera digital.

Dalam pembuatan film kontemporer, periode pasca produksi umumnya jauh lebih lama dari masa produksi disebabkan karena sebagian besar gambar dari hasil akhir adalah hasil kerja yang dilakukan dalam pencitraan yang dihasilkan komputer dan CGI editing. apa sih itu CGI? CGI atau Computer Generated Imagery merupakan efek visual komputer yang dimana akan dibahas lebih dalam pada pembahasan materi selanjutnya.

Pada Maret 2002, studio besar membentuk Digital Cinema Inisiatives seperti Fox, Disney, Paramount, Sony Pictures, Universal dan Warner, MGM untuk mengembangkan spesifikasi arsitektur terbuka untuk cinema digital. AMC, cinemark dan regal membentuk DCIP (Digital Cinema Implementation Partner) untuk menggunakan proyeksi dan server digital di seluruh bioskop sejak tahun 2008.

Dengan hadirnya era digital, dunia per-film-an semakin berkembang. efek gambar yang dihasilkan pun jauh lebih bagus dan berkualitas.

No comments:

Post a Comment