Tuesday, March 6, 2018

Web Semantik

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan sedikit info mengenai penggunaan web semantik. Apa sih itu web semantik? mari kita simak pembahasan berikut ini.


     Sebelum ke intinya, web semantik merupakan sekumpulan informasi yang dikumpulkan dengan metode tertentu agar dapat dengan mudah diproses oleh mesin, dalam skala yang besar. Ini seperti cara yang efisien dari representasi data pada World Wide Web, atau sebagai database global yang saling terhubung. Web Semantik dikembangkan oleh sebuah tim di World Wide Web consortium. Hingga saat ini Web Semantik masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan, karena teknologi ini masih baru digunakan dan tim masih mengembangkan metode masing-masing untuk mengembangkan Web Semantik.

     Web Semantik terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Web Semantik yang dinyatakan sebagai calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Web Semantik disajikan dalam spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal konsep, istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu.

     Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Web Semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL. komponen-komponen penyusun dari WEB 3.0 antara lain :
  • Web semantik
  • Format mikro
  • Pencarian dalam bahasa pengguna
  • Penyimpanan data dalam jumlah besar
  • Pembelajaran lewat mesin

     Kali ini Web semantik yang akan dibahas adalah web dari https://kumparan.com. web ini sama halnya seperti detik.com tetapi tidak melulu tentang berita yang serius. menyediakan fitur profil sehingga pengguna bisa mendaftarkan diri untuk menjadi pengikut dari web kumparan.com.  

Kelebihan : 
     1. Tersedianya kolom search untuk mencari artikel/berita/tulisan yang ingin dibaca sehingga bisa dengan cepat menemukannya.
     2. Tampilan interface yang sangat friendly sehingga dapat memudahkan pengguna dalam menggunakannya.
     3. Terdapat fitur trending stories sehingga bisa mengetahui apa yang sedang hangat dibicarakan.
     4. Terdapat beberapa referensi artikel lainnya yang berkaitan dengan pencarian atau dari yang sedang dibaca. Misal: Ketika sedang membaca artikel infinix zero 5 maka dibawah akan terdapat tab tab yang akan menuju artikel lainnya yang berkaitan seperti teknologi, gadget, dan lainnya. 
     5. Untuk melakukan sign up ataupun log in sangat mudah.

Kekurangan :
     1. Terlalu banyak menampilkan referensi yang terletak di bawah halaman web sehingga dapat lebih jauh untuk melakukan scrolling dan membuat mata menjadi lelah untuk menemukan mana artikel yang tepat.
     2. Background web hanya putih polos biasa sangat monoton.  

Sumber:      
http://andrerizgun.blogspot.co.id/2015/06/web-semantik.html
Muslim, Bukhori. 2017. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta:Deepublish
Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Web. Yogyakarta:Andi Offset

No comments:

Post a Comment