Tuesday, March 6, 2018

Belum tau web science itu apa? Baca nih!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan sedikit info mengenai web science. Apa sih itu web science? mari kita simak pembahasan berikut ini.

   Web science terdiri dari web dan science. web berarti suatu halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet, sehingga dapat diakses dimana saja selama web tersebut terhubung atau terkoneksi dengan jaringan internet dan science berarti aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian tersebut. Jadi, web science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari.

     Di sini kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis dengan tampilan web yang menarik dan abstraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut. Contohnya dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial, dan bidang pendidikan.

     Web science yang juga berarti jaringan pengetahuan atau suatu web yang menyediakan berbagai ilmu pengetahuan didalamnya dan menjadikan wadah/tempat terdapatnya ilmu pengetahuan tersebut. Kegunaan web science sebagai berikut:
     1. Dapat mencari artikel yang berdampak tinggi dan prosiding konferensi.
     2. Dapat menemuakn hasil yang relevan dalam bidang-bidang terkait.
     3. Dapat mengidentifikasi potensi kolaborator dengan catatan rujukan signifikan.
     4. Dapat mengintegrasikan, mencari, menulis, dan bibliografi penciptaan menjadi satu proses yang efisien.

     Ketika web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi? bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan?

     Berbagai penelitian melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. model lain adalah metodologi model analasis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. metodologi pada web science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.

Sumber :
https://www.academia.edu/26265604/Sejarah_dan_Definisi_Web_Science
Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2007. Pengantar Teknologi Informasi Internet : Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi Offset

No comments:

Post a Comment