Tuesday, March 6, 2018

Belum tau apa itu web dan bagaimana asal mulanya? Baca nih! :D

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan sedikit info mengenai asal mula web dan apa sih itu web?. mari kita simak pembahasan berikut ini.


     WWW. Tahu kan WWW itu singkatan dari World Wide Web? arti dari penggalan setiap katanya sudah tau belum? jadi, world itu artinya dunia, wide itu artinya berukuran besar, dan web itu artinya sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan data maupun dokumen ke jaringan internet. secara lengkapnya WWW itu berarti sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan dan menyebarkan data ke jaringan internet berskala besar yang ada di seluruh penjuru dunia. 
Ini lho Berners Lee 

    Pada tahun 1989 Tim Berners Lee darri CERN (Laboratorium Fisika Partikel) yang terletak di Jenewa mengusulkan sebuah protokol di internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi, serta memungkinkan adanya sistem untuk saling berbagi info, bahkan menampilkannya dalam bentuk grafik dan tersebar di seluruh dunia. Sebelumnya, web browser dibuat dengan basis teks. 
     Pada tahun 1990 Tim Berners Lee telah menuliskan tiga teknologi dasar yang menjadi basis web hingga saat ini, yaitu HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). 
     Kemudian pada tahun 1991 Tim Berners Lee menemukan WWW. Pada awalnya, ia memiliki kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya, kemudian ia mengembangkan Equire dan dari situlah cikal bakal lahirnya WWW. Dalam Equire, Berners Lee telah berhasil membangun jaringan terkait antar arsip-arsip miliknya yang kemudian mempermudah pencarian informasi. 
     Lalu pada tahun 1993 Marc Andersen dan timnya dari NCSA berhasil membuat web browser berbasiskan grafik untuk sistem X-Windows, dan menamakannya dengan Mosaic. Kemudian Mosaic mulai populer bagi pemakai lama maupun baru di internet. NCSA mengembangkan versi lain dari Mosaic untuk komputer berbasis Windows, Macintosh, UNIX, dan NeXT. 
     Di tahun berikutnya Andersen memisahkan diri dari NCSA, lalu bersama Jim Clark membuat Netscape yang kemudian menggantikan ketenaran Mosaic sebagai web browser. Pada tahun ini pula, CERN dan MIT mendirikan konsorsium yang dinamakan dengan W3C (World Wide Web Consortium) dengan tujuan membangun standar teknologi web. 
     Di akhir tahun 1995 telah terdapat sekitar 300.000 website dari yang pada tahun sebelumnya hanya berjumlah 50 website. Pada tahun ini pula WWW telah berhasil menggantikan FTP sebagai jaringan yang paling tinggi trafficnya dalam internet. 
     Barulah di tahun 2009 Tim Berners Lee membangun World Wide Web Foundation, yang bertujuan untuk membagikan open web kepada masyarakat luas.

     
Sumber :
http://pengertiandefinisi.com/pengertian-www-sejarah-penemuan-dan-fungsinya/
https://www.nesabamedia.com/pengertian-www-beserta-fungsi-dan-sejarah-www/
https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-website/
Wahana Komputer. 2006. Kamus Istilah Internet. Yogyakarta:Andi Offset



No comments:

Post a Comment