Tuesday, March 6, 2018

Belum tau arsitektur web dan aplikasi utamanya itu apa? Baca nih!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan sedikit info mengenai arsitektur web. Apa sih arsitektur web itu? mari kita simak pembahasan berikut ini.


     Kita langsung ke intinya saja ya. Jadi, arsitektur web itu sebuah struktur pada web yang bertujuan untuk menyusun suatu informasi yang tepat agar menjadi lebih terorganisir dan memudahkan dalam pencarian isinya. nah, sebuah struktur web ini harus memenuhi beberapa aspek diantaranya form, fungsi, navigate, interface, interaksi, visual, dan maksud informasi itu sendiri, yang akan dibangun dalam sebuah web.

     Sedangkan untuk pengembangan tahap perencanaan, manajemen, konten web, dan desain datang dalam berbagai metode desain web seperti desain tradisional, aspek konsistensi, keteguhan dan kesenangan. Oleh karena itu, dalam setiap konten yang akan dipublikasikan tersebut dapat memandu arsitektur situs web, seperti yang diterapkan secara fisik dalam web arsitektur dan prinsip – prinsip desain lainnya. Dalam menyelidiki estetika dan teori kritis serta kecenderungan ini, web arsitektur dapat mempercepat dengan cara pengenalan web semantic dan web 2.0. Kedua ide ini menekankan aspek visual dan structural dari konten dKedua ide ini menekankan aspek visual dan struktural dari konten dalam suatu situs web. 
     
     Di dalam web arsitektur terdapat istilah Strukturalisme. Strukturalisme merupakan bagian penting dalam arsitektur web yaitu pendekatan metodologis yang mempengaruhi disiplin teoritis seperti estetika, teori kritis dan postmodernisme yang mempunyai disiplin seperti yang disebutkan pada kemudi dari setiap pembuatan situs web kemudian melibatkan user generated content, dan memberikan bimbingan kepada arsitek web untuk penataan yang tepat dari setiap informasi untuk digunakan sebagai kenyamanan dan kepuasan browser tersebut. 

     Dalam rekayasa perangkat lunak, suatu aplikasi web adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti internet atau intranet yang juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi. 

1. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
     adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang disebut dengan dokumen hypertext yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan inggris, Tim Berners Lee. Sebuah klien HTTP biasanya memlai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server webhosting tertentu. klien yang mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent. 

2. HTML (Hypertext Markup Language)
     sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasidi dalam sebuah penjelajah web internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar daat menghasilkan tampilan wujud yang terintegrasi. Saat ini HTML merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

3. Web Server
     Merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Berikut macam-macam Web Server:
     1. Apache Web Server - The HTTP Web Server
     2. Apache Tomcat
     3. Microsoft windows server 2003 internet information services (IIS)
     4. Lighttpd
     5. Sun java system web server
     6. Xitami Web Server
     7. Zeus Web Server
          

Sumber :
https://www.scribd.com/doc/229791040/Arsitektur-Web
http://www.unpas.ac.id/web-arsitektur/
https://made21indra.wordpress.com/2015/03/28/arsitektur-web-dan-aplikasi-utama-konsep-dan-pengamanan-web/
Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Web. Yogyakarta : Andi

No comments:

Post a Comment