Monday, October 21, 2019

Apa itu bisnis informatika? Baca ini!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan sebuah pemahaman mengenai bisnis informatika, mulai dari apa itu bisnis? jenis-jenis bisnis, tujuan dan manfaatnya, apa itu TIK? Mari kita simak bahasan berikut ini.


PENGERTIAN BISNIS 

Bisnis dalam ilmu ekonomi merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan sebuah laba. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu business, dari kata dasar busy yaitu yang artinya ”sibuk”. Dalam artian, sibuk dalam mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan sebuah keuntungan. [1]

JENIS-JENIS BISNIS

Berdasarkan motifnya bisnis dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu:    

  1. Bisnis yang berorientasi keuntungan. Contoh : perusahaan perorangan, CV, Firma, PT.
  2. Bisnis yang tidak berorientasi keuntungan atau nirlaba. Contoh : yayasan, organisasi sosial, lembaga swadaya masyarakat.
Berdasarkan dari jenis kegiatannya, bisnis dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu:

1. Bisnis Ekstraktif
Bisnis ekstraktif adalah bisnis yang bergerak dalam jenis kegiatan pertambangan atau menggali bahan-bahan tambang yang terkandung di dalam perut bumi. Contohnya: pabrik semen, timah, nikel. 

2. Bisnis Agraris
Bisnis Agraris adalah bisnis yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, dan kehutanan. 

3. Bisnis Industri
Bisnis industri adalah bisnis yang bergerak di bidang industri manufaktur, misalnya industri tekstil, garmen, mesin. 

4. Bisnis Jasa
Bisnis jasa adalah bisnis yang bergerak di bidang jasa yang menghasilkan produk-produk tidak berwujud, seperti jasa perbankan, kecantikan. 

Berdasarkan dari nilai kegunaan, bisnis dapat menciptakan empat nilai kegunaan, yaitu : 

1. Nilai guna bentuk (form utility)
Bisnis yang menciptakan nilai bentuk (form utility) adalah bisnis yang berusaha untuk mengubah suatu benda sehingga menjadi lebih bermanfaat bagi manusia (masyarakat). Contoh: perusahaan meubel, keramik. 

2. Nilai guna tempat (place utility)
Bisnis ini menciptakan kegunaan tempat yang berupa memindahkan sesuatu dari suatu tempat yang kurang bermanfaat dipindahkan ke tempat lain yang lebih bermanfaat. Perusahaan ini bergerak di bidang transportasi, baik orang maupun barang, baik darat, laut, maupun udara. 

3. Nilai guna waktu (time utility)
Bisnis ini merupakan usaha penyimpanan yang bermaksud untuk menyimpan barang dari suatu waktu yang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nanti dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat. Contoh: produk-produk hasil pertanian, misalnya cengkeh, kakao, padi. 

4. Nilai guna pemilikan (possession utility)
Bisnis ini menjalankan usahanya untuk menciptakan atau memenuhi kegunaan pemilikan terhadap sesuatu barang atau jasa. Misalnya kebutuhan untuk memiliki kesehatan, kecantikan, pendidikan, keamanan.

TUJUAN DAN MANFAAT

Pada umumnya tujuan bisnis tidak hanya tertuju pada keuntungan semata, namun secara keseluruhan tujuan bisnis meliputi :
  1. Profit
  2. Pengadaan barang atau jasa
  3. Kesejahteraan bagi pemilik faktor produksi dan masyarakat
  4. Full employment
  5. Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang (waktu yang lama)
  6. Kemajuan dan pertumbuhan
  7. Prestise dan prestasi
Manfaat bisnis, yaitu :
  • Memperoleh Penghargaan/Pengakuan : Penghargaan ataupun pengakuan dapat diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada masyarakat akan memberikan pengakuan positif dari masyakat itu sendiri.
  • Kesempatan Untuk Menjadi Bos bagi diri sendiri : Dengan berbisnis, seseorang akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis tersebut. Besar kecilnya bisnis ditentukan oleh kemampuan seseorang menjadi bos.
  • Menggaji diri sendiri : Jumlah penghasilan dan juga sumber penghasilan ditentukan sendiri.
  • Atur Waktu Sendiri : Jam kerja menjadi lebih fleksibel. Bila lebih ingin bersantai, dengan penghasilan bisnis yang naik, dapat merekrut pegawai. 
  • Masa Depan yang lebih cerah :Semakin gigih dan semangat berbisnis, maka seseorang akan memiliki masa depan yang lebih cerah. [2] 

PENGERTIAN TIK 

TIK adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah. 

Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
Teknologi informasi menliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pemakian sebagai alat bantu, pengelolaan informasi, serta manipulasi informasi.
Teknologi komunikasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan pemakaian alat bantu untuk memperoses serta mentransfer dara dari perangkat satu ke perangkat lainnya.
Oleh sebab itu, teknologi informasi dan komunikasi merupakan dua buah konsep yang terpisahkan, maka Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi memiliki perngertian luas, yaitu segala jenis kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan, manipulasi, serta pemindahan informasi antar media. 
MANFAAT TIK
  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan. 
  2. Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh.
  3. Perpustakaan online, perpusatakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
  4. Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
  5. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  6. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan si-pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  7. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK. [3]

PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA

Dewasa ini bisnis di Indonesia sangat berkembang pesat ditambah dengan pengguna internet yang mengakses dari gadegtnya masing-masing. karena perkembangan inilah yang membuat bisnis ramai dilakukan di Indonesia, Dari yang menjual barang hingga jasa, mereka tawarkan di internet. [4]

Ditambah lagi muncullah istilah 'unicorn'. Istilah unicorn memang sangat erat kaitannya dengan startup atau perusahaan rintisan. Istilah ini berarti startup yang telah memiliki valuasi sebesar USD 1 miliar. Di Indonesia sendiri telah ada empat startup yang menyandang status unicorn yaitu Go-JekBukalapakTraveloka, dan Tokopedia. Berdasarkan data CB Insights, per Januari 2019 telah ada lebih dari 300 startup unicorn di seluruh dunia dengan total valuasi sekitar USD 1.074 miliar.

Tapi, ternyata masih ada dua 'tingkat' lagi yang bisa dicapai oleh startup yang telah mencapai status unicorn, yaitu decacorn dan hectocorn. Startup yang telah mencapai tingkat decacorn berarti telah memiliki valuasi sebesar USD 10 miliar. Untuk startup dari Indonesia, sudah ada satu startup yang siap menjadi startup decacorn, yaitu Go-Jek. Dengan pendanaan terbarunya dari Google, Tencent dan JD.com, valuasi Go-Jek saat ini mencapai USD 9,5 miliar. Sementara hectocorn atau yang disebut juga super unicorn berarti startup yang telah memiliki valuasi sebesar USD 100 miliar. [5]


PERUSAHAAN BIDANG BISNIS INFORMATIKA

PT Acer Indonesia


Acer merupakan salah satu perusahaan produsen barang-barang elektronik seperti komputer, laptop, ultrabook, server, monitor dan beberapa produk handphone pintar smartphone yang didirikan pada tahun 1976. Beberapa produk desktop PC dan laptop Acer yang terkenal antara lain Travelmate Series, Aspire Series, Ferrari Series. Sedangkan untuk smartphone adalah Liquid Series.
Taiwan merupakan negara asal Acer dimana perusahaan ini merupakan salah satu merk produsen komputer terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri Acer telah meraih keberhasilan sebagai produsen yang memperoleh penjualan tertinggi selama 5 tahun berturut-turut semenjak tahun 2007. Saat ini karyawan Acer di seluruh dunia mencapai 40.000 orang yang tersebar di 100 negara. Profit Acer pada tahun 2012 mencapai 12,9 Miliar USD dan terus meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan pengembangan pangsa pasarnya. [6]

Data Gaji Karyawan PT Acer Indonesia


Supervisor                                            : 5 - 7 juta

Intern                                                    : 1 - 2 juta
Account Manager                                 : 10,5 - 12,8 juta
Product Manager                                  : 30 - 35 juta
Staff HRD                                            : 3 - 5 juta
IT engineer                                           : 2 - 3 juta
Sales                                                     : 15 - 18 juta
Manager                                               : 18 -21 juta
Marketing Communication executive  : 7 - 9 juta

Marketing Retail                                  : 2 - 3 juta [7]


Head Office
Acer Group Indonesia
The Plaza Office Tower 42nd Floor
Jl. MH Thamrin Kav. 28-30
Jakarta 10350

Tel. +62 21 2992 2345
Fax. +62 21 2992 2346

Website: www.acer.co.id
Blog: www.acerID.com
Twitter @acerID and Facebook Acer Indonesia
Commercial and Product Information
Contact us
Contact Center: 1500-155 (landline & mobile phone) - local tariffs
Business hours: Monday - Saturday (08.30 - 17.30 WIB)
Email : acerpeduli@acer.com [8]

REFERENSI

[1] https://seputarilmu.com/2018/12/bisnis-adalah.html (diakses tanggal 22 Oktober 2019)
[2] https://www.ngelmu.id/pengertian-bisnis/ (diakses tanggal 22 Oktober 2019)

No comments:

Post a Comment