Sunday, July 7, 2019

Mau buat game pake ruby? baca ini!! :D

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan materi mengenai apa saja yang diperlukan dan dilakukan dalam membuat game berbasis desktop menggunakan bahasa pemrograman ruby. Mari kita simak bahasan berikut ini.



     OK, game yang akan kita buat kali ini bertemakan shooter atau bahasa indonesianya game tembak -tembakan. untuk sasarannya disini menggunakan bebek, maka kita beri nama gamenya 'shooduck'. Buat nya pake bahasa pemrograman ruby. Library yang dipakai adalah gosu sehingga lebih mudah dalam pembuatan game. Berikut linknya www.libgosu.org/ruby.html  . 

     Untuk versi ruby nya sendiri, kita pakai versi 2.4.4. Siapkan folder gamenya yang dimana isinya ada folder buat nyimpen kodingannya, image, sound, dll, sesuai yang kalian butuhkan. Siapkan gambar latar belakang, crosshair, bebeknya, lalu sound nya, entah itu buat backsound game nya, atau suara saat bebek ditembak. untuk kodingannya kita menggunakan editor notepad++ dengan pengaturan ekstensi filenya .rb, simpan di dalam folder gamenya. Lalu ketik deh kodingannya sesuai dengan yang kalian inginkan atau mengikuti seperti dibawah ini.
Mulai dari pendeklarasian variabel

pengaturan skor
pengaturan posisi untuk tampilan
pengaturan untuk game over dan next level
       Jika kalian masih bingung perintah apa yang digunakan kalian bisa melihat contoh kodingannya di website gosu atau di website github.com/gosu . Setelah semua kodingan dibuat, maka game dapat dimainkan, dengan mengklik 2x file .rb yang kita buat tadi. 

     Masih bingung dan belum ada gambaran game seperti apa yang dijelaskan diatas? berikut link youtube yang dapat kamu gunakan sebagai referensi membuat game 'shooduck'. Jangan lupa untuk di like dan share, serta kamu bisa tulis di comment untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai pembuatan game. 



No comments:

Post a Comment