Monday, May 6, 2019

Game Berbasis Jaringan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan materi mengenai lanjutan dari teknologi game. apa itu game yang berbasis jaringan? apa saja game yang menerapkan konsep AI? Mari kita simak bahasan berikut ini.


GAME BERBASIS JARINGAN


        Game berbasis jaringan atau sering juga disebut sebagai multiplayer game, dapat dimainkan oleh beberapa user sekaligus dalam suatu jaringan (jaringan lokal LAN atau jaringan internet). Game jaringan sangat populer karena alasan kenyamanan ruang (space). User tidak perlu berebut pandangan dalam satu monitor dengan user lain, user dapat merancang strategi permainan di depan komputernya sendiri, tidak terbatas oleh ruang. Game berbasis jaringan ini lah yang melahirkan cikal bakal game online multiplayer. 
       Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer itu sendiri. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, komputer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah komputer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games). Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan komputer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. 
       Dalam game online, ada dua unsur utama, yaitu server dan client. Server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client, sedangkan client adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server. Game online bisa disebut sebagai bagian dari aktivitas sosial karena pemain bisa saling berinteraksi secara virtual dan seringkali menciptakan komunitas maya.



CONTOH GAME BERBASIS JARINGAN


Counter Strike Online
       
       Conuter strike online adalah sebuah game FPS yang mencerirtakan pertempuran antara terorist dengan pasukan elit anti teror (counter terrorist). Bisa dibilang CSO adalah kakek buyut dari FPS di Indonesia. CSO memiliki sistem progression dalam bentuk pengembangan senjata. dimana user dapat menempa senjatanya untuk menambah kekuatan, kecepatan, dan atribut lainnya. hal ini membuat game kurang imbang dan menjadi lebih mirip dengan MMORPG sehingga karakter dengan level tinggi dan rajin meningkatkan kualitas senjata akan lebih kuat dari lainnya. 



SD Gundam Capsule Fighter Online

       SD Gundam Capsule Fighter Online adalah sebuah game Third Person Shooter (TPS) yang didasarkan pada anime. Terdapat ratusan mobile suit (robot) yang dibagi-bagi ke beberapa ranking dan tipe. Rank C adalah rank terendah dan berisi mobile suit lemah yang di dalam anime kebanyakan digunakan oleh prajurit-prajurit biasa yang biasanya menjadi background ledakan. Rank S adalah rank terkuar yang berisikan mobile suit milik karakter utama atau temannya dan mampu menghancurkan puluhan mobile suit rank C dalam sekali tebas untuk menghasilkan background ledakan. untungnya di game ini rank C tidak selemah itu, dan meskipun tetap sulit melawan rank SS, pemaian tidak akan tewas dalam sekali tembak begitu saja. Tingkat kustomisasi yang bisa dilakukan cukup terbatas dan bisa dibilang sama dengan gunpla. pemain bisa mengubah warna mobile suit dan memasang berbagai macam decal. diluar itu pemain hanya bisa melakukan kustomisasi status berupa upgrade yang tidak akan merubah penampilan sama sekali. 







ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN KONSEPNYA

       Kecerdasan buatan dapat didefinisikan sebagai cabang ilmu komputer yang mempelajari otomisasi tingkah laku cerdas (intelligent). kecerdasan buatan dapat memungkinkan komputer untuk berpikir. kecerdasan buatan dapat menirukan proses belajar manusia sehingga informasi baru dapat diserap dan digunakan sebagai acuan di masa yang akan datang. Kecerdasan buatan itu bersifat permanen, mudah diduplikasi dan disebarluaskan, dapat lebih murah daripada manusia cerdas, konsisten dan menyeluruh, dapat didokumentasikan. Pemrosesan pada program yang mengandung kecerdasan buatan utamanya simbolik, sifat inputnya mungkin tak lengkap, pencarian hampir semuanya heuristik, sifat outputnya mungkin tak lengkap, dan adanya kemampuan penalaran. 

3 Konsep AI :
       1. Machine learning dan aplikasi
              Pembelajaran mesin adalah cabang AI yang bertujuan untuk memberi mesin kemampuan untuk mempelajari tugas tanpa kode yang sudah ada sebelumnya. Dalam istilah yang paling sederhana, mesin diberi sejumlah besar contoh uji coba untuk suatu tugas tertentu. Ketika mereka melewati uji coba ini, mesin belajar dan menyesuaikan strategi mereka untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, mesin pengenalan gambar dapat diberikan jutaan gambar untuk dianalisis. Setelah melalui permutasi tanpa akhir, mesin memperoleh kemampuan untuk mengenali pola, bentuk, wajah, dan banyak lagi. Contoh terkenal dari konsep AI ini adalah Quick, Draw !, sebuah game yang dihosting Google yang memungkinkan manusia menggambar gambar sederhana dalam waktu kurang dari 20 detik, dengan algoritma pembelajaran mesin mencoba menebak gambarnya. Lebih dari 15 juta orang telah berkontribusi lebih dari 50 juta gambar ke aplikasi.

       2. Deep Learning siap dimainkan
              Bagaimana jika kita ingin dapat mengambil apa yang telah dipelajari dari menganalisis foto dan menggunakan pengetahuan itu untuk menganalisis kumpulan data yang berbeda? Ini mengharuskan para ilmuwan komputer untuk merumuskan algoritme pembelajaran bertujuan umum yang membantu mesin belajar lebih dari sekadar satu tugas. Salah satu contoh pembelajaran mendalam yang terkenal dalam tindakan adalah proyek Google AlphaGo yang ditulis dalam kode Lua, C ++, dan Python. AlphaGo AI mampu mengalahkan pemain Go profesional, suatu prestasi yang dianggap mustahil mengingat kompleksitas permainan yang luar biasa dan ketergantungan pada latihan yang terfokus dan intuisi manusia untuk dikuasai. Bagaimana sebuah program bisa menguasai permainan yang menuntut intuisi manusia? Berlatih, berlatih, berlatih – dan sedikit bantuan dari jaringan syaraf tiruan.

       3. Neural Network mengikuti model alami
              Pembelajaran mendalam sering dimungkinkan oleh jaringan saraf tiruan, yang meniru neuron, atau sel otak. Jaringan syaraf tiruan terinspirasi oleh hal-hal yang kita temukan dalam biologi kita sendiri. Model Neural Network menggunakan prinsip matematika dan ilmu komputer untuk meniru proses otak manusia, memungkinkan untuk pembelajaran yang lebih umum. Neural Network mengandung tiga lapisan: lapisan masukan, lapisan tersembunyi dan lapisan keluaran. Lapisan-lapisan ini mengandung ribuan, terkadang jutaan, dari simpul-simpul. Informasi dimasukkan ke dalam lapisan input. Masukan diberi bobot tertentu, dan simpul yang saling berhubungan melipatgandakan bobot sambungan saat mereka bepergian. Pada dasarnya, jika unit informasi mencapai ambang tertentu, maka ia dapat lolos ke lapisan berikutnya. Untuk belajar dari pengalaman, mesin membandingkan output dari jaringan saraf, kemudian memodifikasi koneksi, bobot, dan ambang berdasarkan perbedaan di antara mereka.


CONTOH GAME BERBASIS AI


       Quick, Draw! oleh Google Creative Lab 
              Aplikasi yang diciptakan oleh Google Creative Lab ini merupakan game yang dilengkapi dengan AI. Pemain akan diminta untuk menggambar 6 buah objek sesuai dengan perintah dalam waktu 20 detik untuk masing masing gambar. Saat selesai menggambar AI akan menebak gambar yang digambar oleh pengguna. Jika gambar yang ditorehkan pada layar sesuai dengan objek sebenarnya, maka AI akan dapat menebak gambar dengan benar dan pengguna akan mendapat skor. Namun jika salah, pengguna tidak akan mendapat poin. Hasil Gambar bisa di bagikan melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Bisa dicoba disini

       The Infinite Drum oleh Manny Tan & Kyle McDonald

              Jika Anda menyukai beberapa jenis suara dan ingin mengompilasikannya, The Infinite Drum bisa jadi pilihan. Aplikasi ini merupakan "maestro" musik dengan suara yang ada disekeliling kita setiap harinya. Mulai dari suara alat musik, orang berbicara, hingga suara hewan. Dengan menggunakan Infinite Drum, pengguna dapat menciptakan ketukan musik yang harmois dari ribuan suara yang tersedia. Tempo dan beat-nya juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan selera dari pengguna. Bisa dicoba disini











Referensi : 

Buku :
- tidak ada -


Internet :
   adm. 2018. Memahami 3 Konsep Dasar Artificial Intelligence. Diambil dari : https://www.apic.city/2018/07/01/memahami-3-konsep-dasar-artificial-intelligence/. Diakses tanggal 6 Mei 2019.
 Musa. Konsep Dasar AI. Diambil dari : p_musa.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7665/KONSEP_DASAR_AI.pdf. Diakses tanggal 6 Mei 2019.
    Paul, Sciglar. 2018. 3 Basic AI Concepts Explain Artificial Intelligence. Diambil dari : https://www.roboticsbusinessreview.com/ai/3-basic-ai-concepts-explain-artificial-intelligence/. Diakses tanggal 6 Mei 2019.
      Saputra, Agus Bayu. 2012. Pembuatan Permainan Multiplayer Halma Berbasis Jaringan Komputer. Diambil dari : http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_08.11.1924.pdf . Diakses tanggal 6 Mei 2019. 
       Septania, Rizky Chandra. 2017. 3 Permainan Berbasis AI Untuk Mengisi Waktu Luang. Diambil dari : https://tekno.kompas.com/read/2017/11/11/16394977/3-permainan-berbasis-ai-untuk-mengisi-waktu-luang?page=all. Diakses tanggal 6 Mei 2019. 
       Solihin. 2016. Game Berbasis Jaringan dan Pembuatan Game Komputer dengan Menerapkan Konsep AI pada Sebuah Game Engine. Diambil dari : http://catatankinkin.blogspot.com/2016/05/game-berbasis-jaringan.html. Diakses tanggal 6 Mei 2019.
     Wijaya, Hendi. 2014. 10 Game Online Indonesia Terbaik Pilihan Games Asia. Diambil dari : https://id.techinasia.com/10-game-online-indonesia-terbaik-pilihan-games-asia. Diakses tanggal 6 Mei 2019.




No comments:

Post a Comment