Monday, October 10, 2016

Jenis Komputer

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

   Kali ini saya akan membahas tentang salah satu jenis komputer berdasarkan penggunaannya, yaitu spesial purpose komputer. Apa sih Spesial Purpose Komputer itu? 

     Spesial Purpose Komputer adalah
komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus. Komputer jenis ini biasanya telah diisikan suatu program komputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, mesin kasir, kepentingan militer, pemeriksaan kesehatan, dll. Spesial purpose komputer pada awalnya merupakan general purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaikan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa seiring dengan perkembangan jaman yang semakin canggih. 
Sebagai contoh konfigurasi dari spesial purpose komputer yang digunakan pada sistem komputer berskala besar adalah front-end processor, yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari komputer utama. Contoh lain dari spesial purpose komputer adalah adalah back-end processor, yang mengambil data dari storage serta meletakkan dan mengaturnya kembali kedalam storage. Dedicated processor juga merupakan spesial purpose komputer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar memiliki fungsi khusus. Dedicated processor dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini bisa ditemui pada: berbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai rumah sakit, serta aneka video game.

    Diblog ini saya akan mengambil contoh komputer dari Spesial purpose komputer ini, yaitu mesin kasir.
Gimana sih asal mula dan perkembangannya mesin kasir itu?

   Mesin kasir atau cash register adalah Peralatan Elektronik dan juga mekanik yang digunakan untuk mencatat dan menghitung transaksi penjualan dari sebuah badan usaha seperti : Supermarket, Café, Restoran, dll. Mesin Kasir ini memiliki tempat dimana seseorang dapat meletakan sejumlah uang dalam Cash Register / Cash Drawer. Mesin Kasir juga memiliki kegunaan sebagai Pencetak Hasil Total Jumlah Pembelian seorang pembeli yang muncul dalam bentuk Struk atau Kertas yang berisikan rincian jumlah barang, harga dan keterangan lainnya yang di hasilkan dari mesin Printer dari mesin kasir itu sendiri yang dapat menjadi bukti untuk pembeli jika mereka telah berbelanja di tempat tersebut.


Sejarah dan perkembangan Mesin Kasir

   Mesin kasir atau cash register ini di temukan oleh James Jacob Ritty yang merupakan pembuat dari mesin kasir itu sendiri. Penemuannya dimulai dari tahun 1879 pasca perang sipil Amerika. James Ritty merupakan pemilik salon yang berada di Dayton, Ohio Amerika Serikat. Fungsi dari mesin kasir ini awalnya sebagai pencatat komponen pajak dalam sebuah penjualan. Dengan bantuan John Ritty, saudaranya, mesin kasir ini dipatenkan di tahun 1883. Tak lama setelah patennya, James menjadi kewalahan dengan tanggung jawab menjalankan dua bisnis, sehingga Ia menjual seluruh kepentingannya di kasir bisnis untuk Yakub H. Eckert Cincinnati, seorang cina dan salesman gelas, yang membentuk Manufacturing Company Nasional. Pada tahun 1884 Eckert menjual perusahaan kepada John H. Patterson, yang berganti nama menjadi perusahaan Perseroan National Cash Register dan ditingkatkan cash register dengan menambahkan gulungan kertas untuk mencatat transaksi penjualan, sehingga menciptakan tanda terima. Pada tahun 1906, saat bekerja di perusahaan National Cash Register, penemu Charles F. Kettering dirancang kasir dengan motor listrik. Seorang desainer terkemuka, pembangun, produsen, penjual dan eksportir kas register pada 1950-an sampai 1970-an yang berbasis di London (dan kemudian Brighton berbasis ) Kas Bruto Register Ltd, yang didirikan oleh saudara Sam dan Henry Gross . Register kas mereka adalah yang paling populer di Inggris pada awal 1971. 



   Gambar diatas merupakan mesin kasir generasi pertama. Pada umumnya laci atau drawer mesin kasir akan terbuka secara otomatis setelah ada penjualan atau transaksi kalaupun tidak yang bisa membuka hanya pengawas atau pemilik. Ini bertujuan untuk mengurangi resiko dari kehilangan dan pencurian. Hampir semua mesin kasir memiliki tombol NS (No Sale) yang bertujuan untuk membuka laci tanpa adanya transaksi dan tombol ini pun bila digunakan akan terekam dalam laporan akhir oleh pengawas atau pemilik. Ada beberapa mesin kasir yang saat ini dilengkapi sandi atau password untuk melakukan transaksi seperti NS tadi. 

   Perkembangan teknologi membuat Mesin Kasir kini didukung dengan menggunakan beberapa perangkat yang membantu lainnya seperti Timbangan Digital, Pembaca Kartu Kredit / Mesin EDC (Electronic Data Capture) yang saat ini menjadi Trend yang berbasiskan Digital dan juga Barcode Scanner / Alat Pemindai Barcode. Perkembangannya saat ini mengarah pada penggunaan mesin kasir yang berbasiskan komputer (PC Based Cash Register / Point of Sale POS).  Mesin kasir yang berbasiskan komputer biasanya juga dilengkapi dengan software baik yang berbasiskan sistem operasi DOS, Windows, Linux maupun Unix dimana data tersimpan dalam database baik di mesin kasir tersebut maupun di server induknya. Umumnya banyak Mesin kasir yang berbasiskan komputer ini memiliki konfigurasi jaringan lokal (LAN).

gambar diatas merupakan mesin kasir point of sale


Keunggulan dan Fitur Mesin Kasir

   Keunggulan Mesin kasir dibandingkan dengan sekedar software penjualan biasa adalah di sistem keamanannya karena selain dari sistem perangkatnya pun dilengkapi dengan kunci pengaman. Begitu juga dengan ink barcode machine atau barcode machine product lainnya mempunyai system yang dirancang bagus.

Berikut ini adalah fitur-fitur untuk masing-masing jenis mesin kasir:
Cash Register Hitung
- Harga antara 1 - 1.5 juta
- Hanya mengeluarkan struk berupa angka
- Hanya dipakai untuk mengetahui omzet
- Terbatas untuk sekitar 200 - 500 item barang
- Tidak support barcode
- Teknologi dan software tidak dapat di-upgrade

Cash Register Standard
- Harga antara 2.5 - 4 juta
- Dapat mengeluarkan struk berupa huruf dan angka
- Hanya dipakai untuk mengetahui omzet
- Fitur untuk stok barang kurang atau tidak ada
- Terbatas untuk sekitar 100 - 2500 item barang
- Tidak support barcode
- Teknologi dan software tidak dapat di-upgrade

PC Cash Register
- Harga antara 3 - 4 juta
- Dapat mengeluarkan struk berupa huruf dan angka
- Dapat dipakai untuk mengetahui omzet
- Dapat dipakai untuk stok barang
- Jumlah item barang s/d 10.000 item barang
- Sudah support barcode
- Teknologi dan software dapat di-upgrade

Komputer POS
- Harga antara 5 - 7 juta
- Dapat mengeluarkan struk berupa huruf dan angka
- Dapat dipakai untuk mengetahui omzet
- Dapat dipakai untuk stok barang
- Jumlah item barang tidak terbatas
- Sudah support barcode
- Dapat dipakai di jaringan (Beberapa komputer terhubung dalam sistem)
- Online dan Terintegrasi
- Teknologi dan software dapat di-upgrade

Perusahaan yang memproduksi mesin kasir
   Mesin Kasir yang pada awalnya hanya digunakan oleh beberapa perusahaan ternama saja, kini sudah menyebar ke berbagai Negara sehingga mesin kasir tersebut dapat dioperasikan sesuai kegunaannya. Dapat kita lihat beberapa jenis merek Mesin Kasir, seperti Mesin Kasir Casio, Mesin Kasir Sharp, dan lainnya yang masing-masing memiliki kualitas yang baik yang dapat mengoptimalkan sebuah perusahan dalam masalah penghitungan barang yang terjual. 
mesin kasir casio









mesin kasir sharp













   
   Demikian pembahasan mengenai salah satu jenis komputer berdasarkan penggunaannya, kurang lebih mohon maaf, like and share jika berkenan, terima kasih telah membaca pembahasan ini, sampai jumpa dibacaan selanjutnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


reference links:
umimasitahti1b.blogspot.co.id/2011/12/special-purpose-computer.html
document.tips/download/link/definisi-sejarah-kegunaan-dan-perkembangan-mesin-kasir-cash-register-569c9b7a6a935
flashnet.forumotion.com/t40-pengertian-komputer-berdasar-golongan
www.hockeycomputindo.com/2011/08/mesinkasircashregistersejarahhistory.html
sejarahmesinkasir.blogspot.co.id/2013/02/sejarah-mesin-kasir-cash-register.html 

No comments:

Post a Comment