Saturday, April 11, 2020

Ini dia perusahaan yang menerapkan Cloud Computing!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh 
Salam sejahtera bagi kita semua 
Kali ini ibnu akan memberikan sebuah pemahaman mengenai perusahaan yang menerapkan cloud computing. Mari kita simak bahasan berikut ini.




·       Salesforce.com

Perusahaan yang fokus kepada SaaS (Software as a Service) atau perangkat lunak yang berbentuk layanan. Secara sederhana, SaaS mengizinkan perusahaan untuk meng-host perangkat lunak dan mengirimkannya ke pelanggan melalui web. Sistem pembayarannya dengan model langganan, berbeda dengan SaaP yang biasanya pembelian lisensi satu kali yang kemudian di personalisasi oleh pelanggan.


Salesforce adalah perusahaan yang mempelopori gagasan revolusioner untuk dapat menggantikan software CRM (Customer Relationship Management) desktop tradisional dengan CRM Cloud sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Semua produk Salesforce tidak melibatkan Hardware dan waktu penyiapan minimal, jadi begitu melakukan pembelian, produk siap digunakan.

Salesforce telah menyesuaikan aplikai CRM-nya untuk berbagai jenis perusahaan, ukuran usaha, dan industri dengan spesialisai meliputi :

1.     Penjualan
2.     Customer Service
3.     Bisnis UKM
4.     Komunikasi
5.     Jasa kesehatan
6.     Jasa keuangan
7.     Sektor public
8.     Community Cloud
Program kolaborasi online untuk menghubungkan pelanggan, karyawan, dan orang lain yang terlibat dalam sebuah proyek.
9.     App Cloud dan Force.com
Untuk membangun aplikasi cloud dan Chatter yang merupakan aplikasi kolaborasi dan platform untuk membangun sosial perangkat lunak komputasi awan.

Salesforce.com dianggap salah satu pemimpin pasar dalam otomasi solusi tenaga penjualan. Perusahaan tersebut dinobatkan sebagai Pemimpin di Gartner’s Magic Quadrant untuk otomasi tenaga penjualan. Menurut Gartner, model SaaS telah benar-benar dicari untuk otomatisasi tenaga penjualan, karena perusahaan mencari cara untuk mulai menggunakan jenis aplikasi ini tanpa harus mengeluarkan uang yang besar dimuka untuk pemasangan perangkat lunak lokal. CRM telah mengambil posisi sebagai salah satu CRM terbaik yang sudah dipakai di banyak perusahaan dan terus berkembang dengan banyak produk untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.


·       Edx.org

EdX adalah organisasi nonprofit yang bergerak dibidang pendidikan. Melalui situsnya di edx.org, setiap orang bisa mengikuti kuliah online dari berbagai organisasi terkenal di dunia. Dikembangkan pertama kali oleh Harvard dan MIT, sudah terdapat lebih dari 50 organisasi yang terdiri atas Universitas, perusahaan IT, serta organisasi-organisasi teknologi seperti Caltech, NUS, ANU, MIT, Harvard, Catalyst, IEEE, Microsoft, dll. Edx mempunyai misi meningkatkan akses ke pendidikan berkualitas tinggi untuk semua orang, di mana saja, meningkatkan pengajaran dan pembelajaran di kampus dan online, dan Memajukan pengajaran dan pembelajaran melalui penelitian.

Sebagai organisasi nirlaba global, edX mengubah pendidikan tradisional, menghilangkan hambatan biaya, lokasi, dan akses. Edx termasuk ke dalam SaaS (Software as a Service) atau perangkat lunak yang berbentuk layanan. Secara sederhana, SaaS mengizinkan permintaan orang untuk belajar dengan cara mereka sendiri demi memberikan pengalaman belajar yang berkualitas tinggi. Open edX adalah platform open-source yang mendukung kursus edX dan tersedia secara bebas. Dengan Open edX, pendidik dan teknologi dapat membangun alat belajar dan menyumbangkan fitur-fitur baru ke platform, menciptakan solusi inovatif untuk memberi manfaat bagi siswa di mana pun.


Sesuai dengan misi nya yaitu meningkatkan akses pendidikan berkualitas, maka terdapat beberapa layanan yang ditawarkan oleh edx.org, yaitu :
1.     Program Courses berdasarkan peminatan keahlian yang diinginkan (Courses)
2.     Program Courses berdasarkan jenjang pendidikan (Programs & Degrees)
3.     Program Courses untuk meningkatkan keahlian tenaga kerja suatu perusahaan (edX for Business)
4.     Donate untuk mensupport fasilitas dan kualitas pembelajaran
5.     Partnership untuk universitas atau corporation yang ingin bekerjasama

Sesuai dengan misinya yaitu meningkatkan akses pendidikan berkualitas tinggi untuk semua orang dan di mana saja, secara pasti sasaran nya adalah semua orang yang membutuhkan pengajaran dan pembelajaran lebih secara online. Edx bersaing dengan puluhan web penyelenggara online courses yang tersebar di internet, namun dengan adanya sertifikasi resmi dari berbagai perusahaan yang bekerja sama, edx terus menjadi yang terdepan dalam dunia online courses.






Referensi :





No comments:

Post a Comment