Monday, October 22, 2018

Apa itu Desain Pemodelan Grafis?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Kali ini ibnu akan memberikan beberapa bahasan mengenai desain pemodelan grafis. apa itu desain dan pemodelan grafis? apa saja prinsip dan unsur desain grafis? Mari kita simak bahasan berikut ini.
 1. Pengertian Desain Pemodelan Grafis

     Desain pemodelan grafis terdiri dari 3 kata yang masing-masing kata tersebut memiliki arti tersendiri. Desain yang berarti  kegiatan kreatif yang menghasilkan sebuah rancangan atau hasil jadi yang inovatif sesuai dengan keilmuan, memiliki prinsip dan unsur yang sama. Pemodelan yang berarti rencana atau representasi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, berupa penyederhanaan atau idealisasi. Grafis yang berarti cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Dari ketiga makna tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pemodelan grafis merupakan suatu    ilmu    yang     mempelajari    tentang    membuat    dan     menciptakan   obyek baru      berupa      seni terapan,      arsitektur,      dan      berbagai      pencapaian      kreatif      lainnya      yang      direkayasa      perangkat      lunak      merupakan      suatu      hal      yang      dilakukan      di      tahapan      awal      untuk      pembuatan,     penyimpanan,      dan      manipulasi      model      dan      citra. 


2.  Prinsip  dan  Unsur  Desain  Grafis

           Prinsip      utama      harus      ditampilkan      dalam      sebuah      desain      grafis      sehingga      karya      tersebut      komunikatif,      sedangkan      unsur      yang      lainnya      ditampilkan      sekedar      dan      tidak      mengalahkan      unsur      utama.  Prinsip-prinsip      tersebut     adalah :

1.     Kesederhanaan
                         Hal  ini    sangat    logis    demi    kepentingan    kemudahan    pembaca    memahami    isi    pesan    yang     disampaikan. Prinsip    ini    bisa    diterapkan    dengan    penggunaan    elemen    ruang     kosong    dan    tidak    menggunakan    terlalu    banyak    unsur-unsur     aksesoris. 

2.    Keseimbangan 
                         
                       Keadaan     atau     kesamaan     antara     kekuatan     yang     saling     berhadapan     dan     menimbulkan     adanya     kesan     seimbang     secara     visual.     Prinsip     keseimbangan     ada     dua,     yaitu:     keseimbangan     formal     (simetris)     dan     keseimbangan     informal.     Keseimbangan     formal     memberikan     kesan     sempurna,     resmi,     kokoh,     yakin     dan     bergengsi.     Keseimbangan     formal     juga     menyinggung     mengenai     konsistensi     dalam penggunaan     berbagai     elemen     desain.    Sedangkan     keseimbangan     informal     bermanfaat     menghasilkan     kesan     visual     yang     dinamis,     bebas,     lepas,     pop,     meninggalkan     sikap     kaku,     dan     posmodernis.

3.      Kesatuan 
                     
                             Kohesi,     konsistensi,     ketunggalan     atau     keutuhan,     yang     merupakan     isi     pokok     dari     komposisi.

4.     Penekanan    (aksentuasi)

                              Penekanan     dimaksudkan     untuk     menarik     perhatian     pembaca,     sehingga     ia     mau     melihat     dan     membaca     bagian     desain     yang     dimaksud.    Penekanan     juga     dilakukan     melalui     perulangan     ukuran,     serta     kontras     antara     tekstur,     nada     warna,     garis,     ruang,     bentuk     atau     motif.    

5.      Irama     (Repetisi)

                             Pengulangan     unsur-unsur     pendukung     karya     seni.    Desain     grafis     mementingkan     interval     ruang     atau     kekosongan     atau     jarak     antar     obyek.    

6.    Proporsi    

                                Proporsi     termasuk     prinsip     dasar     tata     rupa     untuk     memperoleh     keserasian    dalam     sebuah     karya     diperlukan     perbandingan – perbandingan     yang     tepat.

                    Selain    prinsip    ada    pula    unsur    yang    harus    ditampilkan    agar    menghasilkan    desain    yang    menarik    mata. Diantaranya    yaitu:

1.    Garis

                               Unsur     desain     yang     menghubungkan     antara     satu     titik     poin     dengan     titik     poin     yang     lain     sehingga     bisa     berbentuk     gambar     garis     lengkung     (curve)     atau     lurus     (straight).

2.    Bentuk
 
                             Segala     hal     yang     memiliki     diameter     tinggi     dan     lebar. 

3.    Tekstur
  
                                   Tampilan     permukaan     (corak)     dari     suatu     benda     yang     dapat     dinilai     dengan     cara     dilihat     atau     diraba.    Pada     prakteknya,     tekstur     sering     dikategorikan     sebagai     corak     dari     suatu     permukaan     benda,     misalnya     permukaan     karpet,     baju,     kulit     kayu,     cat     dinding,     cat     kanvas,     dan     lain     sebagainya.

4.    Ruang
   
                                Jarak     antara     suatu     bentuk     dengan     bentuk     lainnya,     pada     praktek     desain     dapat     dijadikan     unsur     untuk     memberi     efek     estetika     desain     dan     dinamika     desain     grafis.

5.    Ukuran
                            
                            Unsur     lain     dalam     desain     yang     mendefinisikan     besar     kecilnya     suatu     obyek.

6.    Warna
  
                                Unsur     penting     dalam     obyek     desain.     Karena     dengan     warna     orang     bisa     menampilkan     identitas,     menyampaikan     pesan     atau     membedakan     sifat     dari     bentuk-bentuk      visual    secara     jelas.


3.  Desain   Pemodelan  Grafis  dari  Segi  Interaksi  Manusia  dan  Komputer


         Interaksi manusia dan komputer merupakan suatu ilmu disiplin yang mempelajari suatu hubungan antara seorang manusia dengan seperangkat komputer yang meliputi dari sebuah perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar lebih mudah untuk digunakan oleh user.  
        Tujuan utamanya untuk mempermudah user dalam mengoperasikan sebuah komputer dan mendapatkan berbagai macam umpan balik yang diperlukan selama user bekerja pada sebuah sistem komputer. Para pendesain antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat user friendly. User butuh interaksi manusia komputer yang lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, serta dapat membuat waktu pengerjaannya tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.  
         Desain pemodelan grafis adalah ilmu yang sangat penting dalam hubungan interaksi, karena dengan menggunakan visual, interaksi manusia dengan komputer dapat berjalan lancar. Bagi orang yang awam lebih mudah mengerti dibandingkan dengan menggunakan text command yang harus dihafal untuk berinteraksi dengan komputer.


4.  Elemen-Elemen Desain Komunikasi Visual

 
1.    Tata   Letak   Perwajahan   (Layout)
 
                             Pengaturan     yang     dilakukan     pada     buku,     majalah,     atau     bentuk     publikasi     lainnya,     sehingga     teks     dan     ilustrasi     sesuai     dengan     bentuk     yang     diharapkan.     Layout     juga     meliputi     semua     bentuk     penempatan     dan     pengaturan     untuk     catatan     tepi,     pemberian     gambar,     penempatan     garis     tepi,     penempatan     ukuran     dan     bentuk     ilustrasi.     Menurut     Smith     (1985)     dalam     Sutopo     (2002:174)      mengatakan     bahwa     proses     mengatur     hal     atau     pembuatan     layout     adalah     merangkaikan     unsur     tertentu     menjadi     susunan     yang     baik,     sehingga     mencapai     tujuan.

2.    Tipografi
 
          Menurut Frank Jefkins (1997:248) tipografi merupakan:
“Seni memilih huruf, dari ratusan jumlah rancangan atau desain jenis huruf yang tersedia, menggabungkannya dengan jenis huruf yang berbeda, menggabungkan sejumlah kata yang sesuai dengan ruang yang tersedia, dan menandai naskah untuk proses type setting, menggunakan ketebalan dan ukuran huruf yang berbeda. Tipografi yang baik mengarah pada keterbacaan dan kemenarikan, dan desain huruf tertentu dapat menciptakan gaya (style) dan karakter atau menjadi karakteristik subjek yang diiklankan.”

3. Ilustrasi
 
        Ilustrasi dalam karya desain komunikasi visual dibagi menjadi dua, yaitu ilustrasi yang dihasilkan dengan tangan atau gambar dan ilustrasi yang dihasilkan oleh kamera atau fotografi. Fungsi ilustrasi menurut Pudjiastuti (1997:70) adalah:
“Ilustrasi digunakan untuk membantu mengkomunikasikan pesan dengan tepat dan cepat serta mempertegas sebagai terjemahan dari sebuah judul, sehingga bisa membentuk suatu suasana penuh emosi, dari gagasan seakan-akan nyata. Ilustrasi sebagai gambaran pesan yang tak terbaca dan bisa mengurai cerita berupa gambar dan tulisan dalam bentuk grafis informasi yang memikat. Dengan ilustrasi, maka pesan menjadi lebih berkesan, karena pembaca akan lebih mudah mengingat gambar daripada kata-kata."
 
4. Simbolisme

      Simbolisme sangat efektif digunakan sebagai sarana informasi untuk menjembatani perbedaan bahasa yang digunakan karena sifatnya yang universal dibanding kata-kata atau bahasa. Bentuk yang lebih kompleks dari simbol adalah logo. Logo merupakan identifikasi dari sebuah perusahaan karena logo harus mampu mencerminkan citra, tujuan, jenis, serta objektivitasnya agar berbeda dari yang lainnya. 
 
5. Warna

      Elemen penting yang dapat mempengaruhi sebuah desain. Pemilihan warna dan pengolahan atau penggabungan satu dengan lainnya akan dapat memberikan suatu kesan atau image yang khas dan memiliki karakter yang unik, karena setiap warna memiliki sifat yang berbeda-beda. Danger (1992:51) menyatakan bahwa warna adalah salah satu dari dua unsur yang menghasilkan daya tarik visual, dan kenyataannya warna lebih berdaya tarik pada emosi daripada akal.
 
6. Animasi

   Penggunaan unsur-unsur gerak atau disebut animasi khususnya dalam multimedia akan menimbulkan kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Istanto (2001:61) mengatakan bahwa konsep dari animasi menggambarkan gerak sehingga dapat mendukung tampilan secara lebih dinamis.
Berdasarkan teknis pembuatannya, animasi dibagi menjadi dua, yaitu:
  6.1. Animasi dua dimensi (2D), adalah animasi yang berkesan datar (flat), baik itu karakter maupun warnanya.
 6.2. Animasi tiga dimensi (3D), adalah karakter yang dibuat dapat dilihat dari berbagai sudut pandang dan adanya kesan mendalam atau berdimensi ruang.
    Pemilihan jenis animasi yang digunakan bergantung pada kebutuhannya sehingga desaian yang dihasilkan dapat lebih efektif dan efisien.
 
7. Suara

     Elemen pendukung yang digunakan untuk lebih menghidupkan suasana interaksi. Dalam multimedia interaktif, suara dibedakan menjadi dua, yaitu suara utama dan suara pendukung. Suara utama adalah suara yang mengiringi pengguna selama interaksi berlangsung, sedang suara pendukung merupakan suara yang terdapat pada tombol-tombol.






Sumber:    
https://ezadityo.wordpress.com/2016/10/23/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik/
http://www.academia.edu/11097842/DESAIN_PEMODELAN_GRAFIS
http://anantabasri.blogspot.com/2016/09/tentang-desain-pemodelan-grafik.html
http://tipskompunet.blogspot.com/2015/11/desain-pemodelan-grafis-dari-segi.html 
http://daily-tekno.blogspot.com/2016/10/desain-grafis-dari-segi-interaksi.html 
http://sayamanusia-kukubima.blogspot.co.id/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html
http://bagusbayubaskara.blogspot.co.id/2012/10/desain-grafis-dari-segi-interaksi.html
 

No comments:

Post a Comment