Monday, March 16, 2020

Komputasi Modern

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Salam sejahtera bagi kita semua Kali ini ibnu akan memberikan sebuah pemahaman mengenai komputasi modern. Mari kita simak bahasan berikut ini.

Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu. 

Karakteristik Komputasi Modern


1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2. Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas [4].

Jenis-Jenis Komputasi Modern

1. Mobile computing
Mobile computing merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga manusia dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan tidak tergantung di satu tempat. Contohnya seperti GPS, smartphone, dll.
2. Grid computing

Grid Computing merupakan komputasi yang dilakukan menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, datanya didistibusikan dan dihubungkan oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Contohnya pada penggunaan komputer dalam perkantoran yang saling terintegrasi.
3. Cloud computing
Cloud computing merupakan komputasi yang dinamis dengan memanfaatkan sumber daya virtual yang  menyediakan layanannya melalui internet. Contoh cloud computing adalah cloud storage, kursus online, internet banking, situs jual beli online, dll [5].

Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya di bawah ini:
1. Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
2. Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
3. Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
4. Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya [4].

contoh komputasi modern dalam bentuk website di bidang penyimpanan :

1. One Drive
OneDrive merupakan suatu website untuk menyimpan file pribadi dalam satu tempat, membagikannya dengan orang lain, dan mengakses file tersebut dari setiap perangkat yang tersambung ke Internet [1]. OneDrive adalah layanan cloud computing yang dikeluarkan oleh Microsoft. Layanan ini sebenarnya merupakan bagian dari layanan Windows Live yang memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan file maupun data tertentu. Layanan One Drive diluncurkan pada 1 Agustus 2007 lalu dengan nama SkyDrive [2].

Gambar diatas merupakan tampilan awal dari onedrive. Terdapat berbagai pilihan menubar, terdapat pilihan untuk membuat akun onedrive atau masuk bagi yang sudah mempunyai akun onedrive.



Gambar diatas merupakan tampilan dari salah satu menubar yaitu menu paket dan harga. Terdapat berbagai pilihan paket penyimpan untuk di rumah dan untuk bisnis. Tampilan diatas merupakan pilihan paket penyimpan untuk di rumah, mulai dari yang gratis dengan kapasitas 5GB sampai yang berbayar per bulannya dengan kapasitas 100GB.


         Gambar diatas merupakan tampilan ketika pengguna sudah melakukan proses login. Disebelah kiri terdapat menu untuk mempercepat proses pencarian file, apakah di file recent ataukah di file photos, dan dibawahnya terdapat info mengenai jumlah kapasitas yang terpakai dari total kapasitas yang tersedia.


2. Dropbox
Aplikasi cloud storage selanjutnya adalah Dropbox. Sama-sama diluncurkan pada tahun 2007, Dropbox menawarkan kemudahan bagi para penggunanya dalam hal penyimpanan data secara praktis dan efisien [2].


            Gambar diatas merupakan tampilan awal dari website dropbox. Disebelah kanan disediakan fitur untuk mempercepat proses membuat akun dan masuk ke akun dropbox. Terdapat menu pilihan untuk tim dan perorangan. Terdapat informasi mengenai apa itu dropbox.


            Gambar diatas merupakan tampilan dari menu paket yang tersedia berbagai pilihan penyimpanan dan fitur yang disediakan oleh dropbox untuk individu dan untuk tim, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. 


            Gambar diatas merupakan tampilan awal setelah pengguna masuk ke akun dropbox. Disebelah kiri terdapat pilihan menu file, paper, transfer, dan showcase. Disebelah kanan terdapat berbagai pilihan fitur untuk mengatur file. Terdapat juga fitur pencarian yang terdapat disebelah kanan atas dekat dengan profil pengguna.


Kelebihan dan kekurangan onedrive
One Drive memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan. Terlebih lagi bila digunakan untuk kepentingan bisnis dan perusahaan. OneDrive Business di sini memiliki nilai lebih bila dibandingkan menggunakan fitur gratis. Salah satu kelebihannya kamu bisa langsung mengedit atau mengolah data yang ada secara langsung dari browser seperti Microsoft Office. Aplikasi ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar hingga 1 TB atau 1000 GB bila kamu meng-upgradenya. Selain itu, OneDrive juga bisa digunakan di berbagai OS seperti android, Mac OS, iOS, Windows dan Windows Phone. Tidak hanya bisa terintegrasi dengan office online saja, kamu bisa mengatur sendiri tata letak sesuai yang diinginkan. Fitur inilah yang tidak dimiliki oleh layanan lainnya.
Dibalik kelebihannya, OneDrive juga memiliki kelemahan tersendiri. Salah satunya adalah dapat terjadi error bila panjang path document lebih dari 256 karakter. Dari segi upload, terkadang perangkat ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih kalau kamu mengupload file dalam ukuran cukup besar, dan bisa saja terjadi kesalahan saat proses upload. Hal ini akan membuat pengguna menjadi tidak nyaman.


Kelebihan dan kekurangan dropbox
Keunggulan Dropbox sebagai media penyimpanan cloud computing adalah fiturnya yang fleksibel dan bisa diakses di mana saja. Hal ini dikarenakan Dropbox bisa dioperasikan di semua OS mulai dari android, Mac, Ubuntu dan sebagainya. Keunggulan lainnya adalah memiliki layanan file sharing dengan direct download. Dengan kata lain, bila kita klik link yang diberikan maka file bisa langsung didownload secara otomatis. Selain itu, Dropbox memiliki keunggulan dalam hal kemudahan sinkronisasi. Salah satunya adalah mudah dalam melakukan pemindahan folder dan cepat. Dari segi keamanan Dropbox dilengkapi layanan keamanan dua langkah. Kamu pun bisa mengatur empat digit kode agar orang lain tidak bisa mengakses data pribadi.
Kelemahan Dropbox terletak pada kapasitas penyimpanannya. Bila kamu menggunakannya secara gratis maka kamu hanya mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB saja. Jumlah tersebut bisa dibilang kecil untuk media penyimpanan. Apabila kamu ingin mendapatkan kapasitas lebih maka harus menggunakan versi berbayar. Versi berbayar tersebut beragam mulai dari 9.99 US$ untuk per bulannya atau untuk per tahunnya sebesar 99 US$. Sementara itu untuk kapasitas 100 GB adalah 19.99 US$ per bulannya dan 199 US$ per tahunnya [2]. 



Referensi :
[5] https://mamz.weebly.com/komputasi-modern.html


No comments:

Post a Comment