Tuesday, April 25, 2017

DATABASE PADA EXCEL

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

   Kali ini saya akan memberikan cara bagaimana membuat dan mengedit database
pada excel 2013. Mari kita lihat cara berikut ini :D

  Database yang saya gunakan adalah dalam membuat database barang dagangan, dimana terdapat kumpulan data didalam field kode barang, nama barang, nama pabrik, dan jumlah barang terjual setiap bulannya. dibuat terlebih dahulu data kode barang secara vertikal. 

  Lalu, kita tuliskan data nama barang dan nama pabrik secara vertikal. 

  Lalu, kita masukkan data jumlah barang yang terjual setiap bulannya. 

  Setelah data yang kita miliki telah dimasukkan ke dalam worksheet excel, maka kita buat tabel dengan klik insert -> lalu pilih tabel, maka tampilan akan berubah seperti berikut. 

   Database telah kita buat. tentunya, database ini akan kita ubah sesuai yang diinginkan, kita bisa menambahkan data, mengedit data, menghapusnya atau menyembunyikannya. terlebih dahulu kita tambahkan ikon form ke dalam quick access toolbar dengan cara klik segitiga keci dikanan quick access toolbar, pilih more commands, pilih command not in the ribbon, cari form lalu tambahkan, lalu klik ok. 

    Gunakan ikon form tersebut untuk mengedit data, menambah data, menghapus data, sesuai yang diinginkan.


  Untuk mengurutkan data dan menyembunyikan data klik ikon segitiga pada masing-masing field tersebut. lalu, pilih sort yang diinginkan, beri ceklist pada data yang ingin ditampilkan atau hilangkan ceklist pada data yang ingin disembunyikan. 

      Ya, itulah cara sederhana membuat dan mengedit database, masih banyak tipe database lainnya, bisa berupa data nilai mahasiswa, data kehadiran mahasiswa, dan lainnya. terima kasih telah membaca tulisan di blog ini, kurang lebihnya mohon maaf, please comment for kritik dan saran kepada penulis, saya akhiri.
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 

No comments:

Post a Comment